Sharing is caring!

Kampung Ngemplak merupakan salah satu kampung iklim yang dimiliki kota Solo. Kampung Ngemplak berada Jl Agung Timur, kel. Mojosongo, kec. Jebres, kota Surakarta.  Kampung iklim sendiri merupakan program pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Mentri KLHK mulai meluncurkan program kampung iklim pada tahun 2012 namun secara resmi baru ter-realisasi  tanggal 1 Desember 2016.  Program kampung iklim diluncurkan dengan harapan mampu menjadi gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas.

Kampung Ngemplak Sutan memiliki bermacam gerakan pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan upaya pelestarian lingkungan. Seluruh warga kampung Ngemplak dihimbau untuk memiliki kebun tanaman bunga dan tanaman sayur yang dikelola secara teratur. Selain itu, terdapat tempat pembibitan yang dikelola oleh komunitas masyarakat yang selanjutnya ditanam dan dikelola oleh warga di lingkungan rumah. Masyarakat kampung Ngemplak juga bekerjasama dengan Rumah Zakat dan Cita Sehat sejak tahun 2013 dengan program Kebun Gizi. Program Kebun Gizi bertujuan menghasilkan produk pemberdayaan kesehatan masyarakat dan menciptakan ketahanan pangan Indonesia.

Jika ingin berwisata di kampung iklim Ngemplak, sebaiknya dilakukan pada sore hari dan hari libur. Kita akan menemukan aktivitas-aktivitas masyarakat merawat dan mengelola tanaman pada waktu-waktu tersebut.