Sharing is caring!

Pemerintah konsisten mendorong pengembangan sport tourism menjadi salah satu tulang punggung pariwisata di masa mendatang. Sport tourism diharapkan menjadi katalisator untuk mendongkrak kembali industri pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Hal tersebut turut diikuti oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang bakal mendorong sport tourism di Kota Solo. Solo mempunyai potensi wisata olahraga yang mumpuni yang mendukung untuk wisata tersebut. Gibran menyinggung soal tim Persis Solo yang baru saja meluncurkan toko merchandise. Menurutnya, Persis juga harus bisa menjadi salah satu peluang dalam potensi sport tourism.

Tidak hanya di skala Kota, potensi wisata olahraga juga sudah terlihat di setiap kelurahan. Di mana, pendoponya sering digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga dan budaya warga. Ia menyinggung bahwa beberapa lapangan di kelurahan-kelurahan juga dapat difungsikan sebagai destinasi sport tourism. Lapangan kelurahan tersebut meliputi : Lapangan Banyuanyar, Lapangan Sriwaru dan Lapangan Kota Barat yang telah rampung pembangunannya.

Lapangan tersebut rencananya akan digunakan dalam gelaran Piala Dunia FIFA U-20 edisi ke-23 yang telah dijadwalkan antara 20 Mei dan 12 Juni 2021. Namun agenda tersebut tertunda hingga tahun 2022. Perlu diketahui bahwa gelaran ajang olahraga ini yang akan menjadi turnamen FIFA U-20 pertama yang diselenggarakan oleh satu negara.