Sharing is caring!

Kota Surakarta sebagai salah satu Wellness City (Kota Kebugaran) dan Wellness Tourism (Wisata Kebugaran) di Indonesia sedang meramu beberapa ikon wellness tourism. Obyek yang akan ditonjolkan pariwisata Kota Surakarta tersebut adalah Minuman herbal, spa, dan lainnya. Pemerintah kota rencananya akan mendampingi para pelaku UMKM dalam wellness tourism, terkait tata cara pembuatan jamu sesuai standar BPOM, serta pengemasan produknya.

Pemerintah Kota juga akan menyiapkan dukungan pada fasilitas medis khususnya RSUD Bung Karno untuk dapat menyediakan dan menggunakan obat herbal dalam penyembuhan pasien. Selain itu, adapula upaya bekerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional.

Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo dalam acara Aroma Wellness Festival mengatakan wisata kebugaran atau wellness tourism menjadi salah satu tren pariwisata yang menjanjikan di masa pandemi maupun pascapandemi. Hal tersebut didorong kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kesehatan. Angela berharap Aroma Wellness Festival bisa mendorong pengembangan dan awareness tentang potensi wellness tourism di Indonesia. Harapannya hal ini mampu semakin mengukuhkan Kota Solo sebagai The City of Java Wellness.