Sharing is caring!

Solo merupakan kota dengan landscape dan tata ruang yang rapi. Beberapa penghargaan bergengsi tingkat nasional maupun regional kerap didapat pemkot Solo atas konsep tata ruang, diantaranya penghargaan sebagai ‘’Kota Layak Anak’’ tahun 2019 dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan, kota dengan pembangunan daerah terbaik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2018. Hal tersebut membuat kota Solo layak menjadi destinasi urban tourism di Indonesia dan dijuluki sebagai Solo Urban Tourism

Salah satu daerah yang wajib dikunjungi saat melakukan wisata urban di kota Solo adalah kawasan olahraga Stadium Manahan.

Stadium Manahan terletak di jalan Adi Sucipto no 1, kel. Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Waktu ideal untuk mengunjungi stadiun Manahan adalah ketika pagi hari (sekitar jam 05.00-07.00) dan sore hari (sekitar jam 15.00-17.30). Pada waktu-waktu tersebut kita dapat menemui aktivitas olahraga dari masyarakat kota Solo di stadium ini. Jika anda menyukai aktivitas olahraga, kawasan stadium Manahan mempunyai banyak fasilitas olahraga seperti arena panjat tebing, arena bermain anak, kolam renang tirtomoyo, arena jogging trek, lapangan basket hingga arena latihan road race.

Kini, olahraga menjadi bagian dari hidup sehat kita. Bahkan setelah adanya pandemi, olahraga seperti menjadi tren baru bagi kebanyakan orang. Salah satu hal yang menjadi permasalahan masyarakat perkotaan adalah keterbatasan lahan untuk berolahraga. Beruntung, Kota Solo mempunyai mempunyai beberapa titik lokasi yang bisa digunakan masyarakat secara bebas untuk berolahraga. Salah satu yang kerap menjadi pilihan adalah Stadion Manahan Solo.

Stadion Manahan berlokasi cukup strategis. Manahan berdekatan dengan stasiun kereta Purwosari, terminal Tirtonadi, bandara Adi Sumarmo, hotel berbintang seperti The Sunan, Fave dan Agas hingga pusat perbelanjaan seperti Solo Square. Hal tersebut menjadikan Stadion Manahan sebagai salah satu lokasi yang paling representatif dalam menggelar event olahraga skala nasional dan internasional.

Pasca renovasi, fasilitas yang ada di Stadion Manahan pun juga terbilang sangat lengkap. Luas area parkir di Stadion Manahan Solo mampu menampung 2300 motor dan 300 mobil. Di dalam komplek Stadion Manahan tersedia lapangan tenis, lapangan bisbol, sirkuit motor, balap sepeda, lapangan voli, panjat tebing, basket, bulu tangkis, tenis meja, ruang biliar, dan GOR serbaguna. Stadion ini memiliki fasilitas taman yang dapat digunakan untuk berolahraga. Taman yang letaknya berada di sisi barat gerbang utama stadion ini memiliki sarana alat fitnes yang dapat digunakan secara gratis. Selain fitnes, Stadion Manahan juga terdapat jogging area yang aman dan nyaman.