Sharing is caring!

MICE merupakan konsep wisata yang diharuskan memiliki banyak persiapan yang matang sebelum dapat ditawarkan kepada wisatawan. Pelaku wisata perlu memperhatikan banyak hal sebelum menawarkan bentuk usaha MICE. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut, antara lain:
1.Penetapan lokasi dan ruang MICE
a.Dalam penentuan terjadi 2 kemungkinan sebagai berikut :
•Pihak klien yang menetapkan dan mengkonfirmasikan lokasi tempat penyelenggaraannya. Pihak perencana tidak meneruskan proses lebih lanjut.
•Perencana mutlak menentukan lokasi dan tempat pertemuan, misalnya menyelenggarakan suatu seminar atau workshop atau konferensi.
b.Pertimbangan tempat penyelenggara secara geografis dengan spread of the person attending : terlalu jauh dari tempat peserta, kecuali khususnya seperti no.1b, peserta yang memerlukan sekali seminar dan konferensi tersebut.
c.Pertimbangan dalam menentukan kondisi sekitar lokasi dimana pertemuan akan digelar.
2. Perlengkapan fasilitas MICE
Perlengkapan fasilitas dan pelayanan kesekretariatan dari pertemuan atau konferensi amat beragam sehingga tidak ada standar yang berlaku umum.Dalam menentukan perlengkapan suatu pertemuan perlu memahami dengan seksama beberapa hal berikut :
•Jenis pertemuan dan lamanya
•Jumlah peserta
•Jumlah ruangan yang dibutuhkan
•Jenis dan jumlah equipment yang diperlukan
•Bentuk pengaturan tempat duduk
•Akomodasi peserta mice
3. Penanganan transportasi
Meeting planer atau PCO bertanggung jawab dalam pengaturan transportasi bagi keseluruhan peserta MICE. ada enam point dalam pengaturan transportasi yaitu :
•Transprtasi udara
•Airport shuttle service
•Multiple property shuttle
•VIP transportation
•Local tour
•Staff transportation.
4. Pelayanan makanan dan minuman
Agar acara pertemuan atau konferensi berjalan dengan lancar dan mengurangi complaint makanan dan minuman. Seorang meeting manager perlu memeriksa lokasi dan penempatan reguler food and beverage, room service and banquet capabilities. Evaluasi kualitas makanan dan minuman meliputi appearance and attractiveness, cleanliness, dan jenis serta variasi makanan dan minuman pada saat ramai (peak hours) untuk mengetahui ketersediaan stok pelayanan dan keterampilan. Termasuk harga yang sesuai dengan penawaran, di samping itu apakah perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu. Apakah restaurant tersebut melayani permintaan khusus atau tambahan menyangkut lay out dan jenis makanan dan minuman.
5. Akomodasi
Berikut ini daftar penanganan akomodasi yang harus di cek:
•Akomodasi sesuai harapan peserta
•Penginapan : Jumlah kamar, tipe kamar dan tempat tidur
•Kamar gratis untuk panitia atau komite : jumlah, tipe, dan fasilitas yang harus dibayar
•Kamar khusus untuk organisasi dan tamu resmi : jumlah, tipe, dan harga