Sharing is caring!

Lokananta merupakan perusahaan rekaman musik (label) pertama dan satu-satunya milik negara Indonesia yang berlokasi di Jl A. Yani no 379 A, Kerten, Surakarta. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 29 Oktober 1956 oleh inisiasi R. Maladi yang merupakan mantan Menteri Penerangan dan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga pada sekitar tahun 1960-an. Nama ‘’Lokananta’’ sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti gamelan kahyangan yang berbunyi tanpa penabuh.

Pada awal pendirian, Lokananta memiliki fungsi utama sebagai unit pelaksana untuk duplikasi materi siaran RRI. Pada sekitar tahun 1970-an, Lokananta mengalihkan output produksinya dari piringan hitam (vinyl) ke kaset pita. Banyak musisi-musisi legendaris Indonesia yang tercatat melakukan rekaman karya mereka di Lokananta seperti Gesang, Waldjinah, Titik Puspa, Bing Slamet hingga Anggun C Sasmi.

Sempat redup pada tahun 1990an hingga 2010, Lokananta kembali dilirik musisi-musisi indie nasional seperti Pandai Besi, White Shoes and The Couple Company, Shaggy Dog dan Glenn Fredly sekitar tahun 2013 untuk memproduksi lagu-lagu mereka. Selain sebagai studio rekaman, Lokananta masa kini menyimpan ribuan koleksi terkait perkembangan industri seni musik di Indonesia. Beberapa koleksi dari Lokananta antara lain berupa gamelan milik Kyai Sri Kuncoro Mulyo, rekaman audio Proklamasi RI ’45 oleh Soekarno serta ribuan vinyl, kaset pita dan majalah musik lawas.