Sharing is caring!

Tempat Ngopi Malam Hari

Warung kopi sekarang ini sudah semakin banyak keberadaannya. Dari kota-kota besar hingga kabupaten sekalipun pasti di sana terdapat tempat untuk para penikmat racikan biji beraroma wangi ini. Di Solo bisa kita temui dengan mudah warung-warung kopi di sudut jalan. Dari cafe besar dengan desain modern di pinggir jalan raya hingga warung kopi kecil yang letaknya agak menyelip di dalam gang kecil. Semakin banyaknya tempat ngopi, semakin memudahkan para penikmat kopi untuk menikmati dan menyalurkan kecintaan mereka. Namun terkadang para penikmat kopi yang sibuk sampai malam dengan kegiatan mereka, sedikit kesulitan untuk mencari warung kopi yang buka sampai diatas jam 12 malam. Terutama bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu dengan berdiskusi atau mengobrol ditemani secangkir kopi hitam.

Salah satu warung kopi di Solo yang buka hingga tengah malam adalah Ajar Ngopi. Letaknya di Jl. Dr. Sutomo No.21A, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta, daerah yang berada di belakang Solo Paragon. Tempatnya tidak lah di pinggir jalan besar, sedikit menyelip memang, berupa sebuah rumah dengan satu lantai dan halaman kecil yang dekat dengan jalan. Terlihat seperti rumah biasa dengan tulisan “Ajar Ngopi” yang tertulis di sebuah papan kayu kecil saat tempat ini belum dibuka. Tetapi akan berubah menjadi tempat yang instagrambale saat para pekerja-pekerja yang mencintai kopi ini siap menerima pesanan. Dengan desain minimalis yang dihiasi seni dan hiasan dinding, Ajar Ngopi dapat menampung para pengunjung yang datang untuk menikmati menu kesukaan mereka sampai jam satu dini hari. Lumayan lebih malam jika dibanding dengan warung kopi lainnya di daerah Solo. Khusus di hari Senin, Ajar Ngopi hanya buka dari pukul 3 sore hingga pukul 11 malam. Sedangkan hari Minggu buka lebih sore daripada hari Selasa-Sabtu yang buka jam 8 pagi, yaitu dari jam 5 sore dan baru tutup jam 1 malam.

Menu di Ajar Ngopi

Para penggemar kopi tidak perlu khawatir dengan menu kopi yang ada di Ajar Ngopi. Sebab selain menu espresso based seperti cappuccino dan macchiato, mereka juga memiliki menu kopi manual brew yang siap diproses dengan berbagai macam alat seduh. Biji kopi dari berbagai tempat juga disebutkan dalam menu single origin mereka, seperti: Aceh Gayo dan Java Persik. Biji-biji kopi ini diletakkan dalam toples lengkap dengan rinciannya, sehingga pemesan dapat memilih sendiri biji kopi yang diinginkan untuk dinikmati. Kopi yang disajikan pada sebuah nampan dari papan kayu akan didampingi dengan segelas air mineral dan coookies sebagai penawar dari rasa pahit kopi. Ajar Ngopi juga menyediakan kopi manis bagi mereka yang tidak menyukai pahit. Menu yang disajikan diantaranya rancabali natural, ijen red honey, tlahab honey, yellow caturra wine, gayo pekat madu dan aromatic natural. Menu ini lebih ditujukan pada kaum wanita yang kebanyakan tidak menyukai pahit kopi. Menu shaker espresso menjadi andalan yang banyak diminati pengunjung. Espresso disajikan dengan cara yang berbeda oleh para barista Ajar Ngopi, yaitu dengan ditambah es batu dan potongan lemon. Cara berbeda dalam menikmati espresso yang lebih segar.

Salah satu kelebihan warung kopi satu ini, mereka tidak hanya menyediakan menu untuk para penikmat kopi saja. Menu lain juga tersedia bagi mereka yang tidak menyukai atau tidak bisa menikmati sedapnya secangkir kopi. Dari olahan coklat, latte, lychee tea hingga mocktail pun mereka sediakan. Tidak lengkap rasanya jika menghabiskan waktu hanya dengan secangkir minuman, tentu menu untuk cemilan pendamping pun sudah mereka siapkan. Menu seperti kentang goreng, onion rings, indomie, roti bakar dan mendoan sepertinya sudah menjadi menu cemilan wajib di warung kopi. Ajar Ngopi juga menyediakan roti gulung, mozarella ravioli (roti berisi keju mozarella dengan taburan keju parmesan), ham french toast (roti dengan isi daging ham dan juga keju leleh) dan tortilla yang menjadi menu cemilan andalan mereka. Sehingga tempat ini tidak hanya bagi mereka pecinta kopi, namun bagi siapa saja yang membutuhkan tempat nongkrong. Semua menu yang ditawarkan pun juga terjangkau, menyesuaikan kantong mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Kota Solo.

Morning Coffee

Kelebihan lain dari Ajar Ngopi dibanding warung-warung kopi lainnya adalah jam buka. Tidak banyak warung kopi yang buka dari jam 8 pagi hingga jam 1 malam. Selain itu, dimulai dari tanggal 6 Agustus lalu mereka juga menyediakan menu “Morning Coffee” yang dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Kopi yang ditawarkan dalam menu sarapan ini yaitu caffe latte, latte macchiato dan kopi susu, cappuccino, dan java cappuccino yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 6.000 – Rp 18.000 untuk ukuran kecil dan sedang. Selain kopi, Ajar Ngopi turut menawarkan menu makan dengan pilihan: potato wedges, salted egg chicken, ayam rempah matah, nasi bakar sunda (nassun), beef curry, chicken roll teriyaki. Semua menu makanan tersebut dihargai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000. Jika pengunjung ingin lebih hemat, disediakan pula menu paket untuk makanan potato wedges, beef curry, chicken roll teriyaki gratis kopi (bebas memilih) caffe latte, latte macchiato atau cappuccino dengan harga Rp 22.000 – Rp 27.000.

Bagi pengunjung yang menikmati “Morning Coffee” sebaiknya jangan membuang struk pembelian. Sebab, Ajar Ngopi menyediakan potongan harga sebanyak 30% untuk pemesenan setelah jam 5 sore. Caranya dengan memposting kegiatan di Ajar Ngopi dan menunjukkan struk pembelian tersebut. Potongan harga ini dapat digunakan di lain hari setelah “Morning Coffee” dan tanpa minimal pembelian. Berlaku setiap hari.

Desain Yang Menarik

Desain mampu mengubah bangunan simple menjadi tempat yang instagramable. Kalimat tersebut sangat cocok untuk Ajar Ngopi. Rumah sederhana yang mereka gunakan seketika berubah menjadi tempat yang menarik dengan desain interior bertema putih yang mereka terapkan. Dinding putih bersih berhiaskan lampu kuning diikuti dengan kabel-kabel hitam yang membentuk sebuah pola, menjadi point penting saat pengunjung melihat ruang dalam tempat ini dari jalan raya. Kutipan-kutipan hingga sejarah singkat kopi yang ditulis dengan indah menghiasi dinding dan atap putih di beberapa bagian. Goresan warna cat yang membentuk garis-garis pola juga digunakan untuk menambah kesan artistik pada dinding. Hiasan-hiasan lampu pada dinding juga dibuat menarik.

Suasana cozy tempat ini didukung oleh meja dan kursi kayu, sedangkan pada bagian luar memanfaatkan tong sebagai kursi dan mejanya. Sebuah vespa biru juga turut menghiasi tempat ini menjadi lebih menarik lagi. Warung kopi yang sangat cocok untuk kaum milenial di tengah era modernisasi. Menikmati kopi dengan suasana tenang dari bising kendaraan, namun tetap dapat berfoto-foto untuk kemudian diupdate di sosial media dengan dukungan tempat yang menarik.