Sharing is caring!

Kampung Joho merupakan kampung wisata yang terletak di Jl. Prenjak V, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Kampung ini memiliki slogan sebagai ‘kampung hepi’ dengan ciri khas ornamen di setiap gang kampung yang penuh dengan warna dan terlihat bahagia. Ornamen kampung wisata Joho tediri dari ornamen organik seperti tanaman hias dan macam-macam bunga dan non-organik seperti kerajinan tangan dari bambu, ban mobil dan barang tak terpakai lainnya. Selain itu, kegiatan masyarakat di kampung ini juga mencerminkan guyub rukun khas masyarakat Jawa dalam membangun aspek-aspek kebudayaan baik materiil maupun non-materiil.

Setiap gang dalam kampung wisata Joho memiliki banyak mural dan relief yang dibuat dari tembok ke tembok. Mural dan relief tersebut berupa tokoh-tokoh nasional, tokoh pewayangan, edukasi hingga supporter sepak bola pun ada.  Ide tentang hiasan mural dan relief pada awalnya dicetuskan oleh warga Joho yang bernama Marjanto dan terus berkembang hingga sekarang. Tujuan dari pembuatan mural adalah untuk mengedukasi warga dan pengunjung kampung tentang norma dan nilai dalam bersosialisasi.

Kegiatan masyarakat di kampung wisata Joho juga sangat bervariasi, dari mulai merawat tanaman, kegiatan literasi bersama anak-anak dan lansia, kegiatan dolanan bareng anak-anak hingga kegiatan event tahunan seperti festival kemerdekaan dan perayaan hari nasional lainnya. Tips bagi anda ketika ingin mengunjungi kampung wisata Joho sebaiknya dilakukan saat sore hari, karena pada waktu sore banyak terdapat aktivitas masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa. Ada baiknya pula datang ketika terdapat event s kampung ehingga atmosfer semarak kampung Joho bisa kita nikmati.