Sharing is caring!

Selain wedangan kekinian dan angkringan, kini coffe shop menjadi salah satu yang sedang tren di berbagai daerah. Coffe shop atau cafe menjadi tempat populer yang banyak dikunjungi untuk mengerjakan tugas, sekedar bersantai, atau menghabiskan waktu bersama teman-teman. Di Kota Solo bisa kita temui dengan mudah toko kopi di sudut jalan. Dari cafe besar dengan desain modern di pinggir jalan raya hingga warung kopi kecil di dalam gang. Semakin banyaknya tempat ngopi, semakin memudahkan para penikmat kopi untuk menyalurkan kecintaan mereka. Bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu bersama kerabat dan mencari cafe yang unik, berikut daftar cafe di sekitar Lapangan Kota Barat, Solo yang patut untuk dicoba:

  1. Ngopi Serius

Ngopi Serius merupakan salah satu tempat ngopi di Solo yang asik untuk nongkronf dan santai bareng teman-teman. Ada banyak varian kopi yang bisa dicicipi untuk menemani obrolan santai sambil menikmati suasana. Tempatnya yang bernuansa klasik dengan dekorasi yang didominasi kayu memberikan efek hangat dan rileks yang cukup menenangkan. Selain kopi, tersedia juga menu makanan dan minuman lainnya yang tak kalah enak dengan harga yang cukup murah. Ngopi Serius berlokasi di Jalan Melati No.7 Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta.

  1. Kopi Si Budi

Kedai kopi yang terletak di Jalan Kalitan No. 6B, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta ini merupakan salah satu cafe yang direkomendasikan untuk menikmati kopi sambil bersantai. Cafe dengan konsep Jawa ini terkenal dengan kopi susunya yang enak. Kopi susu sering disebut social drink lantaran bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk pecinta kopi maupun orang awam. Jenis kopi yang ‘Kopi Si Budi’ gunakan adalah biji kopi robusta dan arabika. Setiap bulannya, Kopi Si Budi selalu memperkenalkan menu barunya dengan harga yang cukup terjangkau berkisar Rp 20.000,- saja.

  1. Ajar Ngopi

Salah satu toko kopi di Solo yang buka hingga tengah malam adalah Ajar Ngopi. Berlokasi di Jalan Dr. Sutomo No. 21A, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta, Ajar Ngopi mengusung konsep minimalis. Bentuk bangunan Ajar Ngopi berupa sebuah rumah dengan satu lantai dan halaman kecil yang dekat dengan jalan. Suasana cozy tempat ini didukung oleh meja dan kursi kayu, sedangkan pada bagian luar memanfaatkan tong sebagai kursi dan mejanya. Tak hanya menyediakan menu espresso based, Ajar Ngopi juga memiliki menu kopi manual brew. Selain itu, juga tersedia menu lain bagi mereka yang tidak menyukai atau tidak bisa menikamti kopi mulai dari olahan cokelat, latte, tea hingga mocktail. Menu yang ditawarkan pun juga dengan harga terjangkau.

  1. Kadja Cafe and Flower

Mengusung slogan ‘cafe and flower’, cafe ini hadirkan suasana alami lewat hadirnya sejumlah bunga dan tanaman hias di sejumlah sudut. Kadja Cafe and Flower menawarkan berbagai menu yang dengan harga yang cukup ramah di kantong. Menu yang paling direkomendasikan di sini adalah Kopi Susu Kadja yang terkenal dengan rasa yang sangat otentik. Tak hanya menjual kopi dan makanan, cafe ini juga menawarkan beragam tanaman hias seperti kaktus, succulent, dan banyak bunga. Kehadiran deretan tanaman tersebut membuat suasana di sini terasa makin rindang dan sejuk. Lokasinya pun sangat strategis yaitu di Jalan Moh. Husni Thamrin No. 17, Manahan Banjarsari, Kota Surakarta yang hanya berjarak 5 menit dari Stadion Manahan.

  1. Erkabe Cafe

Erkabe cafe berlokasi di Jalan Adi Sucipto No. 1B, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta. Tidak hanya menjadi tempat ngopi, Erkabe cafe merupakan tempat nongkrong yang asik untuk berbagai kalangan. Dengan fasilitas yang memadai, Erkabe cafe menjadi tempat favorit banyak orang untuk berdiskusi, mengerjakan tugas, atau sekedar nongkrong bersama teman. Bahkan, Erkabe cafe kerap menjadi tempat pertemuan para pegiat usaha kecil menengah atau start up lantaran mengusung konsep co-working space atau tempat kerja yang digunakan secara bersama. Selain menyediakan berbagai macam kopi serta menu makanan dan minuman lain, Erkabe cafe juga menjadi tempat display beberapa produk UKM seperti olahan cokelat, teh, milkshake, hingga berbagai jenis kerajinan tangan. Erkabe cafe beroperasional pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB pada hari Senin sampai Kamis. Sedangkan untuk hari Jumat sampai Minggu, Erkabe Cafe buka pukul 16.00 WIB sampai 23.00 WIB.