Sharing is caring!

Kini, olahraga menjadi bagian dari hidup sehat kita. Bahkan setelah adanya pandemi, olahraga seperti menjadi tren baru bagi kebanyakan orang. Salah satu hal yang menjadi permasalahan masyarakat perkotaan adalah keterbatasan lahan untuk berolahraga. Beruntung, Kota Solo mempunyai mempunyai beberapa titik lokasi yang bisa digunakan masyarakat secara bebas untuk berolahraga. Salah satu yang kerap menjadi pilihan adalah Stadion Manahan Solo.

Stadion Manahan merupakan stadion kebanggan warga Solo. Berdiri megah di tengah-tengah pusat kota, tepatnya di Jalan Adi Sucipto, Stadion Manahan di Solo cukup strategis. Berdekatan dengan stasiun kereta, terminal, bandara, hotel, jalan raya, dan pusat perbelanjaan menjadikan Stadion Manahan sebagai salah satu yang paling representatif dalam menggelar event olahraga skala nasional dan internasional.

Fasilitas yang ada di Stadion Manahan pun juga terbilang sangat lengkap. Di tribun tertutup terdapat ruang kesehatan, ruang sekretariat, ruang wartawan, ruang konferensi pers, ruang wasit, 2 ruang ganti pemain yang lengkap dengan toilet dan ruangan pemanasan pemain. Bahkan, total toilet di tribun penonton sejumlah 32 ruang. Di bawah tribun stadion terdapat perkantoran pengelola Stadion, kantor KONI Surakarta, kantor KPU Kota Surakarta, Kantor EXA International, Kantor Tarung Drajat, Kantor Granat, dan juga ruang latihan yudo dan tenis meja. Luas area parkir di Stadion Manahan Solo mampu menampung 2300 motor dan 300 mobil. Di dalam komplek Stadion Manahan tersedia lapangan tenis, lapangan bisbol, sirkuit motor, balap sepeda, lapangan voli, panjat tebing, basket, bulu tangkis, tenis meja, ruang biliar, dan GOR serbaguna.

Setelah mengalami renovasi, stadion ini dilengkapi dengan fasilitas taman yang dapat digunakan untuk berolahraga. Taman yang letaknya berada di sisi barat gerbang utama stadion ini memiliki sarana alat fitnes yang dapat digunakan secara gratis. Selain fitnes, Stadion Manahan juga terdapat jogging area yang aman dan nyaman.