Sharing is caring!

Kota Solo merupakan ‘’rumah’’ bagi keanekaragaman agama di Nusantara. Banyak rumah ibadah di Solo yang memiliki keindahan-keindahan dalam segi arsitekturnya, salah satunya adalah Vihara Dhamma Sundara. Vihara ini terletak di Jl. Ir. Juanda No.223 B, Pucangsawit, Kec. Jebres, Kota Surakarta. Vihara Dhamma Sundara didirikan oleh pengusaha pemilik Sun Motor Grup bernama Sundara Husea dan diresmikan pada 24 Maret 2002.

Kompleks Vihara Dhamma Sundara terdiri dari 2 buah bangunan. Bangunan utama vihara ini merupakan gedung bertingkat dengan atap berbentuk limasan. Di lantai atas terdapat Ruang Dhammasala (ruang ibadah), sedangkan di bagian bawah digunakan sebagai kantor dan toko yang menjual buku serta video terkait ibadah umat Buddha.

Bangunan kedua adalah candi berwarna putih yang memiliki karakteristik candi-candi Buddha khas kerajaan Nusantara kuno yang memiliki atap berbentuk stupa. Pada pelataran candi terdapat sebuah pelataran batu berwarna hitam. Di sisi kiri, kanan, dan belakang candi terdapat tiga relief sang Buddha dengan pakaian dan mudra yang berbeda. Terdapat pula 2 patung gajah berwarna putih di depan candi, sehingga nuansa kebudayaan Thailand sangat terasa pada candi ini.

Pada masa sekarang vihara Dharma Sundara tidak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah tapi juga menjadi destinasi wisata budaya kota Solo.