Sharing is caring!

Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah salah satu kampus besar Indonesia yang berlokasi di Solo. Kawasan kampus UNS memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh masyarakat umum seperti perpustakaan pusat, jogging track, Danau UNS dll. Dibukanya fasilitas UNS diharapkan mampu memberi manfaat rekreatif dan edukatif bagi masyarakat umum.

Pasca revitalisasi pada tahun 2017-2018, Danau UNS adalah salah satu tempat favorit masyarakat umum untuk berwisata edukasi bersama teman dan keluarga. Danau ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti jaringan wifi, kursi taman, gazebo, kantin, replika pesawat dan replika mesin pertanian.

Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, Danau UNS cocok untuk mengenalkan kepada anak tentang pentingnya penglolaan air di lingkungan masing-masing. Pengunjung juga bisa menikmati wahana perahu motor yang dikelola oleh mahasiswa pecinta alam Garba Wira Bhuana. Cukup dengan biaya Rp.10.000- 15.000, pengunjung bisa berkeliling menggunakan perahu motor merasakan suasana teduh kawasan green campus Danau UNS.

Danau UNS pada masa pandemi Covid 19 tetap buka, namun mengalami pembatasan kegiatan dan kunjungan. Pengelola Danau UNS melarang adanya kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Selain itu, wahana perahu motor juga berhenti beroperasi untuk sementara demi terlaksananya protokol kesehatan. Namun, pengunjung masih bisa melakukan aktivitas olahraga atau sekedar bersantai menikmati temaram sore di kawasan Danau UNS. Pengunjung yang akan beraktivitas di kawasan kampus UNS diwajibkan memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan.