Sharing is caring!

Melakukan kegiatan wisata di kota Solo terasa kurang lengkap jika belum mencoba kuliner khas dari kota ini. Kota Solo memiliki banyak pilihan makanan yang wajib dicoba, dari mulai masakan tradisional, western food hingga chinese food. Salah satu tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi dan menjadi identitas kota Solo adalah Pasar Gede.

Pasar Gede merupakan pasar tradisional yang berlokasi di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. Kawasan pasar ini menyimpan banyak sekali hidden gems kuliner chinese food dengan cita rasa masakan yang paripurna. Banyaknya pilihan makanan chinese food di Pasar Gede tidak terlepas dari eksistensi perkampungan masyarakat tionghoa (pecinan) di kawasan pasar ini. Masyarakat kampung pecinan di pasar Gede telah eksis dari awal Keraton Kasunanan terbentuk. Mereka memiliki banyak resep makanan chinese dengan perpaduan cita rasa Nusantara yang diwariskan turun-temurun hingga kini.

Chinese food yang tersedia di Pasar Gede sangat bervariasi, ada yang mengandung daging babi, ada pula yang halal. Bagi pengunjung muslim yang ingin melakukan wisata kuliner di pasar ini, dihimbau untuk melihat keterangan menu makanan dan bertanya terlebih dahulu kepada pemilik kedai.

Berikut rekomendasi kedai chinese food di pasar Gede:

  1. Mie Gajah Mas

Mie Gajah Mas menawarkan bermacam-macam menu mie ayam, yaitu Mie Ayam Pangsit, Mie Ayam Bakso, Mie Ayam Jamur, dan Mie Ayam Komplit. Mie yang ditawarkan pun tidak hanya mie yang digunakan pada mie ayam pada umumnya, tetapi ada mie hijau dari bayam, mie orange dari wortel, mie ungu dari ubi ungu, dan kwetiau. Kedai ini buka dari jam 11.30 – 21.00

  1. Bakmi Pinangsia

Menu yang disediakan oleh Mie Pinangsia antara lain Mie Kuah, Mie Pangsit, Mie Bakso, Mie Pangsit Bakso dan kombinasi yang sama dengan menggunakan kwetiauw. Selain itu tersedia juga pangsit kuah dan bakso kuah yang rasanya menggoyang lidah. Warung ini beroperasi mulai jam 07.00-14.00