Sharing is caring!

Pura Mangkunegaran merupakan bekas kompleks istana kepala praja Mangkunegaran. Istana ini mulai dibangun pada masa Raden Mas Said (Mangkunegara I) pasca perjanjian Salatiga. Pura Mangkunegaran terletak jalan Ronggowarsito no 83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Kompleks pura Mangkunegaran terdiri dari beberapa bangunan yakni bekas markas kavaleri dan artileri Legiun Mangkunegaran, Puri Mangkunegaran, Hamongpraja dll. Gaya bangunan dari Pura Mangkunegaran merupakan hasil Akulturasi dari kebudayaan Jawa dan kebudayaan Indis. HalĀ  tersebut dapat terlihat dari Puri Mangkunegaran yang mempunyai karakteristik rumah joglo dari Jawa, sedangkan kantor kavaleri artileri Legiun Mangkunegaran dan Hamongprojo mempunyai karakteristik bangunan indis dengan bentuk tangga memutar, material bangunan yang solid dan ventilasi yang besar dengan warna warna cerah.

Dari banyaknya bangunan di Pura Mangkunegaran, Puri Mangkunegaran merupakan bangunan yang sangat merepresentasikan karakter dari masyarakat Solo. Pada Puri Mangkunegara terdapat hirarki ruang dimana bangunan semakin ke dalam semakin pribadi dan tidak dapat dimasuki sembarang orang. Dengan urutan daerah Pamedan (umum), daerah Pendapa Ageng (semi umum) dan daerah Dalem Ageng (pribadi). Hal tersebut memiliki makna tersendiri, dimana kehidupan orang Jawa mempunyai keterbukaan, namun terdapat beberapa hal yang harus disembunyikan tanpa diketahui orang lain. Ini merupakan makna simbol konsep rumah tradisional Jawa (Erisya,2018:7).

Dalam Puri Mangkunegaran, wisatawan juga bisa merasakan atmosfer dari kediaman pribadi seorang Raja pada masa kolonial. Banyak peninggalan-peninggalan sejarah seperti patung kuningan, lampu gantung antik dan interior-interior yang mencerminkan kemewahan-kemewahan kediaman seorang raja. Selain Puri Mangkunegaran, perpustakaan Reksa Pustaka juga menyimpan banyak hal-hal menarik seputar naskah kuno dan arsip milik praja Mangkunegaran. Pakaian legiun Mangkunegaran, pakaian abdi dalem, piagam penghargaan juga tersimpan di Reksa Pustaka.