Sharing is caring!

Pembukaan kawasan Pura Mangkunegaran untuk masyarakat umum pada 13 Juli 2020  memberikan angin segar bagi para pecinta naskah, peneliti dan mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan perpustakaan Reksa Pustaka yang menyimpan arsip dan naskah Mangkunegaran mulai beroperasi kembali dengan menerapkan protokol adaptasi kebiasaan baru masa pandemi atau biasa disebut ‘’New Normal”.

Pengelola perpustakaan Reksa Pustaka telah menyiapkan sarana dan prasarana penunjang bagi pengunjung untuk beraktivitas di kawasan perpustakaan, mulai dari penanda social distancing hingga sistematisasi kunjungan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Calon pengunjung diwajibkan untuk menggunakan masker dan melakukan desinfeksi sebelum masuk dalam kawasan Reksa Pustaka.

Selain itu, pengurus perpustakaan juga melakukan screening suhu tubuh calon pengunjung. Bagi calon pegunjung yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37o C, dipersilahkan untuk istirahat sebentar untuk menstabilkan suhu tubuh. Jika setelah istirahat dan dicek kembali namun suhu masih tetap diatas 37o C maka calon pengunjung tersebut tidak diperbolehkan masuk kawasan Reksa Pustaka Mangkunegaran.

Selama pandemi, perpustakaan Reksa Pustaka buka pada hari Senin-Sabtu pukul 09.00 – 12.00, kecuali pada hari Jumat yang lebih singkat. Jumlah pengunjung Reksa Pustaka juga mengalami pembatasan Selain dikarenakan kapasitas bangunannya, juga karena mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.  Selama di kawasan perpustakaan Reksa Pustaka, calon pengnjung diharapkan untuk tetap meRnjaga jarak dan menggunakan masker dengan baik dan benar.