Sharing is caring!

Taman Balekambang Solo adalah salah satu taman wisata kota Solo yang sudah mulai buka kembali per tanggal 19 Juni 2020. Taman ini terletak di Jalan Balekambang No 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta. Jam operasional taman Balekambang pada masa pandemi adalah pukul 07.00 – 16.00. Tidak ada biaya tiket masuk bagi pengunjung yang ingin beraktivitas di taman kota ini.

Masa pandemi di tahun ini memaksa kita untuk meminimalisir mobilitas dan mengikuti kebiasaan baru demi kesehatan dan keselamatan bersama. Banyak obyek wisata dan rekreasi yang terpaksa tutup selama pandemi karena belum memenuhi persyaratan protokoler kesehatan. Namun jangan khawatir, karena sudah ada beberapa tempat wisata di kota Solo yang mulai buka dengan menerapkan protokoler kesehatan demi mencegah penularan virus Corona.

Taman Balekambang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Akses masuk di taman Balekambang hanya dibuka di sisi timur saja. Tempat duduk di taman Balekambang sudah menerapkan himbauan physical distancing  dan terdapat sarana cuci tangan yang telah disediakan di gerbang utama.

Untuk masuk ke dalam kawasan taman, pengunjung wajib mencuci tangan dan membawa masker. Pengunjung juga harus menjalani cek suhu tubuh dan menjawab pertanyaan seputar kondisi kesehatan oleh petugas. Satuan keamanan selalu melakukan pengawasan terhadap aktivitas pengunjung dan senantiasa menghimbau pengunjung untuk mengenakan masker, menghindari kerumunan dan menjaga kebersihan.

Pengunjung bisa melakukan beraneka aktivitas di taman seluas 9,8 hektar ini. Mulai dari olahraga, melihat satwa atau sekedar bersantai menikmati rindangnya pohon dan hijaunya rerumputan. Selain itu, banyak wahana permainan di taman Balekambang yang cocok untuk rekreasi bersama keluarga.