Sharing is caring!

Solo merupakan kota dengan landscape dan tata ruang yang rapi. Beberapa penghargaan bergengsi tingkat nasional maupun regional kerap didapat pemkot Solo atas konsep tata ruang, diantaranya penghargaan sebagai ‘’Kota Layak Anak’’ tahun 2019 dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan, kota dengan pembangunan daerah terbaik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2018. Hal tersebut membuat kota Solo layak menjadi destinasi urban tourism di Indonesia dan dijuluki sebagai Solo Urban Tourism.

                Salah satu daerah yang wajib dikunjungi saat melakukan wisata urban di kota Solo adalah kawasan olahraga Stadium Manahan.

Stadium Manahan terletak di jalan Adi Sucipto no 1, kel. Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Waktu ideal untuk mengunjungi stadiun Manahan adalah ketika pagi hari (sekitar jam 05.00-07.00) dan sore hari (sekitar jam 15.00-17.30). Pada waktu-waktu tersebut kita dapat menemui aktivitas olahraga dari masyarakat kota Solo di stadium ini. Jika anda menyukai aktivitas olahraga, kawasan stadium Manahan mempunyai banyak fasilitas olahraga seperti arena panjat tebing, arena bermain anak, kolam renang tirtomoyo, arena jogging trek, lapangan basket hingga arena latihan road race.

Kawasan stadium Manahan pada tahun 2019 sedang dalam tahap renovasi dan diperkirakan selesai total sekitar akhir taun 2019. Dilansir dari jateng.suara.com, walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyatakan ” September Stadion sudah rampung tapi landscape di luarnya belum selesai. Kalau selesai sepenuhnya ya Desember, dan Januari baru bisa digunakan”.