Sharing is caring!

Solo merupakan kota dengan pilihan wisata kuliner yang melimpah. Salah satu wisata kuliner Solo yang terkenal adalah kuliner malam Kota Barat. Kuliner malam Kota Barat terletak di sepanjang jalan dr Moewardi, kerlurahan Mangkubumen. Kuliner malam Kota Barat mulai beroperasi pada jam 17.00 hingga tengah malam sekitar jam 24.00. Nama kuliner malam Kota Barat sendiri diambil karena disana terdapat lapangan yang bernama Kota Barat, dan letak pedagang-pedagang makanan kuliner Kota Barat berada di sepanjang trotoar bagian barat dan selatan dari lapangan Kota Barat.

Terdapat banyak varian makanan yang ditawarkan oleh kuliner malam Kota Barat, mulai dari makanan berat seperti nasi liwet, nasi kebuli, masakan lamongan, penyetan, gudangan, sea food dan olahan belut.

Jika tak ingin makanan yang berat, kuliner malam Kota Barat juga menyediakan aneka jajanan seperti susu segar Shi-Jack, jajanan angkringan, hotdog, burger dan Martabak kota barat (Markobar).

Markobar merupakan martabak dengan 8 varian topping. Kedai Markobar yang berada di Kota Barat ini merupakan salah satu kedai awal dari frenchise Markobar milik Gibran Rakabuming Raka (putra sulung presiden Joko Widodo).

Bagi anda yang memiliki hobi nongkrong, kawasan kuliner kawasan Kota Barat juga memiliki café-café dengan berbagai konsep tongkrongan unik. Kita dapat menemukan café-café tersebut di sepanjang Jl Kenanga setelah memasuki gang kecil sebelah SD Muhammadiyah Program Khusus. Café-café di kawasan kuliner Kota Barat pada umumnya menjajakan menu kopi-kopi nusantara, wedhang khas Nusantara dan aneka jajanan khas nusantara.

Pada selatan lapangan Kota Barat juga terdapat sebuah plaza kuliner yang menjajakan aneka makanan dan jajanan khas pedagan kaki lima. Plaza kuliner ini merupakan salah satu program pemerintah kota Surakarta untuk mengembangkan kawasan kuliner serta memfasilitasi pedagang kaki lima untuk mengembangkan bisnisnya.

Letak kuliner malam Kota Barat yang berada di tengah kota Solo memberikan suasana jajan yang berbeda. Kita dapat menikmati night urban activity dari masyarakat kota Solo yang melewati Jalan Samratulangi dan Jalan utama Slamet Riyadi sembari menikmati masakan-masakan dengan cita rasa khas Solo.